7 Film Mandarin Terbaik Sepanjang Masa

1. The Monkey King (2016)

Film bergenre fantasi ini diadaptasi dari novel "Adventure To The West" karya Wu Cheng'en. Penggemar sequential Kera Sakti yang beberapa tahun lalu pernah ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi Indonesia, pasti tidak asing dengan jalan cerita film ini. Di prekuel film sebelumnya, diceritakan biksu Tang Sanzang sudah bertemu dengan Si Kera Sakti Sun Wukong dan mengangkatnya sebagai murid. Sun Wukong play on words menemani Tang Sanzang menunaikan tugasnya mengambil kitab suci ke Kuil Leiyin di India. Selain Sun Wukong, tim Tang Sanzang juga terdiri dari Zhu Ba Jie dan Sha Wu Jing, keduanya juga diangkat menjadi murid sang biksu.

7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 1. The Monkey King 2016

The Monkey King 2 memfokuskan cerita saat rombongan sang biksu bertemu dengan Siluman Tulang Putih (White Bone Demon) yang ingin memakan sang biksu agar ia dapat menjadi abadi dan tidak perlu reinkarnasi. Film ini dibintangi oleh Aaron Kwok yang menggantikan Donnie Yen di The Monkey King. Aaron Kwok sendiri memerankan tokoh antagonis utama di film pertama. Cheang Pou-sui kembali menyutradarai film ini, sedangkan sutradara activity dipegang oleh Sammo Hung yang juga menggantikan Donnie Yen di film pertama.

The Monkey King 2 menjadi film terlaris kedua dengan pendapatan sebesar $181,970,000 sejak dirilis. Film ini telah dirilis di Amerika pada 5 Februari, di Hongkong pada 6 Februari, dan di China sendiri pada 8 Februari 2016. The Monkey King 2 merupakan sekuel dari film berjudul sama yang dirilis pada 2014 lalu, yang juga sukses menembus film industry. Bedanya, film sekuel ini ditampilkan dengan position 3D.

2. From Vegas to Macau III (2016)

Class yang dianut film yang disutradarai oleh Wong Jing ini. Deretan artis papan atas mandarin tampaknya menjadi daya tarik tersendiri film ini. Sebutlah Chow Yun-fat, Andy Lau, Nick Cheung dan Li Yuchun, membintangi bintang film ini. Selain aktor dan artis tersebut, film ini juga diramaikan dengan penampilan spesial dari Jacky Cheung dan Carina Lau.
7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 2. From Vegas To Macau III

From Vegas to Macau III melanjutkan cerita Dewa Judi Ko Chun di dua film sebelumnya. Diceritakan dalam film ketiga ini, Molly kekasih Chun disandera dalam kondisi mengenaskan oleh pengagumnya Yik Tin Hang, seorang ilmuwan gila. Sang ilmuwan mencoba memeras sang dewa judi. Di saat yang sama, Ko Chun juga sedang mempersiapkan pernikahan anak gadisnya, Rainbow, dengan anak baptisnya, Vincent.

3. Kungfu Panda 3

Film kerjasama Amerika – China yang juga merupakan sekuel ketiga dari judul yang sama ini, telah dirilis secara terbatas di China pada 23 Januari 2016. Selanjutnya, secara berturut-turut film ini dirilis di Rusia dan Korea Selatan pada 28 Januari 2016 dan di Amerika Serikat juga Canada pada 29 Januari 2016 dengan position 3D. Film produksi DreamWorks Animation dan Oriental DreamWorks ini telah mencatatkan pendapatan sebesar $148,150,000 di China. Pendapatan ini terus membesar hingga pada 15 Maret 2016. Pendapatan film ini dari seluruh dunia tercatat sebesar lebih dari 359 juta dolar.
7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 3. Kungfu Panda 

Seperti sekuel keduanya, film ini masih menceritakan kelanjutan kisah panda jago kung fu, Po. Kali ini, Po dihadapkan pada tantangan dari gurunya, Master Shifu, yang memutuskan untuk pensiun sebagai master kung fu dan meminta Po menggantikannya. Ternyata menjadi master kung fu tidak semudah yang Po bayangkan dan hasilnya, Dragon Warriors yang lain yaitu Tigress, Crane, Mantis, Viper, dan Monkey harus terluka karenanya.

4. The Mermaid

The Mermaid bercerita tentang seorang taipan playboy yang ingin melakukan proyek reklamasi laut dan membangun kawasan komersial di atasnya. Tanpa dia ketahui, kawasan reklamasi itu adalah tempat tinggal para duyung. Merasa tersakiti, para duyung mengirim duyung cantik yang dapat menjelma sebagai manusia untuk membunuh sang taipan.
7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 4. The Mermaid 


Alih-alih misinya berhasil, duyung cantik dan taipan itu malah saling jatuh cinta. Sang duyung quip berusaha mengubah cara pandang sang taipan, bahwa tidak semua hal di dunia ini bisa dibeli dengan uang. Namun cinta mereka mendapat pertentangan dari keluarga duyung yang masih menginginkan kematian sang taipan.

The Mermaid bergenre fiksi ilmiah romantis dengan sentuhan komedi. Film ini dibintangi oleh Deng Chao, Show Luo, Zhang Yuqi dan Lin Yun, para bintang papan atas film Mandarin. Film ini juga disutradarai oleh artis komedi kawakan China, Stephen Chow. Tidak hanya menyutradarai, ia juga merangkap sebagai penulis skenario dan produser.

5. Professional killer (2015)

Film ini menceritakan setting pada abad ke-9 di Tiongkok, foul jendral Nie Yin Niang (10) diculik oleh biarawati. Para biarawati telah melatih seni bela dirinya hingga menjadi seorang pembunuh yang mematikan. Karena ini, ia dituduh ketika seorang gubernur yang kejam meninggal dunia. Suatu saat, Yin Niang gagal dalam tugas. Ia quip dikirim kembali ke tanah kelahirannya.
7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 5. Profesional Killer 

Ia juga diharuskan membunuh saudara sepupunya, yang menjadi pemimpin militer di bagian Utara. Setelah 13 tahun menghilang, Yin Niang harus menghadapi orang tua dengan kenangan dan perasaan yang tersimpan. Selain itu, ia juga dihadapkan dengan keputusan sulit, yaitu menyelematkan atau membunuh pria yang dicintainya.

Film ini mendapatkan banyak pujian dari kritikus, dan berhasil mendapatkan penghargaan terbanyak di ajang Golden Horse Awards 2015 (11 nominasi, dan 5 penghargaan). Selain ajang di Taiwan, The Assassin juga meraih penghargaan di ajang Internasional, yakni di Canness Film Festival tahun lalu (Best Director).

6. Port of Call (2015)

Film bergenre spine chiller ini pertama kali tayang di Hong Kong International Film Festival ke 39 pada 6 April 2015, dan dirilis secara umum tanggal 3 Desember 2015. Film didasarkan pada kasus nyata mutilasi mayat seorang gadis berumur 16 tahun di Hong Kong pada tahun 2008.
7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 6. Port Of call

Pada tahun 2010, detektif Chong (Kwok) dan rekannya Smoky (Patrick Tam) memulai penyelidikan ke dalam peristiwa seputar mayat wanita muda yang terpotong. Tersangka utama mereka adalah Ting Tsz-chung (Michael Ning), yang dikenal kesepian. Port of Call memiliki cerita sederhana yang dibumbui dengan unsur detektif.

7. Sparing Mr. Wu

Film kriminal mandarin, Saving Mr. Wu, diangkat dari kisah nyata penculikan selebriti pada tahun 2004 di Tiongkok. Seorang bintang film Hong Kong, Wu, diculik di Beijing oleh Zhang Hua dan beberapa rekannya. Mereka menyamar menjadi polisi, dan meminta uang tebusan sebanyar 3 juta Yuan.
7-Film-Mandarin-Terbaik-Sepanjang-Masa
Gambar 7. Sparing Mr. Wu

20 jam berikutnya, para detektif yang dipimpin oleh Xing menyapu seluruh kota. Wu sendiri direncanakan akan dibunuh pada jam 9 malam terlepas dari ada atau tidaknya uang tebusan. Mengapa mereka melakukan hal ini, dan bagaimana kelanjutan nasib Wu.

Related Posts:

0 Response to "7 Film Mandarin Terbaik Sepanjang Masa"

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung ke blog kami, silahkan berkomentar dengan bijak , Komentar spam dan/atau berisi link aktif, tidak akan ditampilkan, Thx

Terpopuler

5 Makanan Indonesia Yang Wajib Dicoba

1. Gado-gado Gambar 1. Gado Gado Makanan khas Jawa ini yang biasa disebut sebagai "saladnya" Indonesia ini cukup terkena...