Ini kata Presiden tentang kekayaan sumber daya alam Indonesia

 Presiden Joko Widodo menyatakan kalau kekayaan alam yang dimiliki suatu bangsa, termasuk Indonesia, tidak menjamin kesejahteraan bangsa tersebut. 

"Saya ingin menegaskan disini bahwa kekayaan sumber daya alam tidak bisa menjamin kesejahteraan dan kesuksesan sebuah bangsa," kata Presiden dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Pusdiklat Kemendikbud), Sawangan, Jakarta, Selasa.
Ini-kata-Presiden-tentang-kekayaan-sumber-daya-alam-Indonesia
Gambar 1. Presiden Indonesia Joko Widodo

"Pada intinya yang memajukan sebuah negara adalah SDM, sumber daya manusianya, dan ini berada pada tanggung jawab yang besar sekali di pundak bapak, ibu dan saudara-saudara sekalian yang hadir di sini," tambah Presiden.

Ia juga meminta agar jangan terlalu mengagung-agungkan masalah sumber daya alam Indonesia.

"Kita syukuri anugerah Allah ini harus, tetapi bahwa ini menjamin kesejahteraan dan kesuksesan sebuah bangsa, itu hati-hati dengan pernyataan-pernyataan yang sudah-sudah. Kita lihat saja negara yang maju, justru alamnya keras dan tidak subur yang tidak punya tambang, tidak punya minyak dan tidak punya gas," ungkap Presiden.
Ini-kata-Presiden-tentang-kekayaan-Sumber- daya-alam-Indonesia
Gambar 2. Ini Kata Presiden Tentang Kekayaan Sumber Daya alam Indonesia

Meski tidak memberikan contoh negara yang ia maksud,Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa sejumlah negara yang alamnya kaya raya, termasuk kaya tambang, minyak dan gas jutru didera kemiskinan bahkan konflik dan perang saudara.

"Hati-hati, bahkan sumber daya alam seringkali justru memanjakan dan membuat kita malas, mengalahkan daya juang kita, membuat kita lengah dan tidak mendorong kita semuanya untuk berinovasi dan berkreasi, ini juga hati-hati, karena sekali di negara kita Indonesia dianugerahi oleh sumber daya alam yang melimpah," ungkap Presiden.
Ini-kata-Presiden-tentang-kekayaan-sumber-Daya-alam-Indonesia
Gambar 3. Presiden Indonesia Joko Widodo

Selain sumber daya manusia, sejumlah hal lain yang mempengaruhi kesejahteraan suatu bangsa adalah stabilitas sosial dan politik.

"Kemudian manajemen pemerintahan, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kreativitas dan inovasinya. Jadi negara yang memenangkan persaingan, negara yang maju, adalah negara yang memenangkan kompetisi yang berada pada titik-titik yang tadi saya sampaikan," jelas Presiden. 

Related Posts:

0 Response to "Ini kata Presiden tentang kekayaan sumber daya alam Indonesia"

Posting Komentar

Terima kasih sudah Berkunjung ke blog kami, silahkan berkomentar dengan bijak , Komentar spam dan/atau berisi link aktif, tidak akan ditampilkan, Thx

Terpopuler

5 Makanan Indonesia Yang Wajib Dicoba

1. Gado-gado Gambar 1. Gado Gado Makanan khas Jawa ini yang biasa disebut sebagai "saladnya" Indonesia ini cukup terkena...